Rumah Adat Lampung (Liwa Lampung Barat)

Lamban Kham Anjak Liwa
Rumah adat Lampung atau yang sering disebut Lamban adalah bukti eksistensi suku asli Lampung di masa Silam. Rata-rata rumah tradisional Lampung merupakan rumah panggung.

Kenapa rumah panggung? Pada zaman dahulu kala, Lampung merupakan daerah yang memiliki kekayaan hayati yang tinggi. Sehingga pada saat itu manusia dan hewan buas hidup berdampingan. Untuk menghindari hewan-hewan tersebut, maka dibangunlah rumah panggung. Selain itu, struktur panggung juga sengaja digunakan sebagai desain rumah tahan gempa. Sebagaimana diketahui, beberapa daerah di Lampung juga dikenal berada di lempeng perbatasan antar benua sehingga sering mengalami bencana gempa.

Rumah-rumah tradisional Lampung Barat adalah rumah panggung yaitu rumah yang terbuat dari kayu yang dibawah nya sengaja dikosongkan sebagai tempat menyimpan ternak dan hasil panen. pada umum nya rumah-rumah tradisional ini telah berumur puluhan tahun bahkan ratusan tahun.

Sebagaimana di daerah lain, di Lampung rumah-rumah tradisional ini mempunyai beberapa bentuk yang disesuaikan dengan kedudukan dan status si pemilik, seperti Gedung Dalom sebutan Keraton/Istana bagi seorang Suttan/Sultan/Raja/Saibatin, Saibatin adalah pemilik Adat dan Masyarakat Adatnya, pemilik wilayah dan hak ulayatnya.

Di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Lampung, yang secara administratif masuk dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Lampung Barat, setiap rumah Pimpinan Jukku, Kebu, Sumbai, setiap rumah nya mempunyai nama yang diberikan langsung oleh Saibatin Raja Adat.

Lokasi: Pekon Bumi Agung - Kenali, Lampung Barat

Semoga dapat bermanfaat. Dan bila kebetulan Anda adalah orang Lampung, mohon share tulisan ini agar memotivasi penulis untuk lebih berkarya lagi. Tabik Puuuuun...
mikianlah sekilas pembahasan mengenai keunikan rumah adat Lampung dan penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat. Dan bila kebetulan Anda adalah orang Lampung, mohon share tulisan ini untuk membantu memperkenalkan kebudayaan adat Lampung di kancah nasional.

Sumber: http://adat-tradisional.blogspot.com/2016/06/rumah-adat-lampung-dan-penjelasannya.html
Disalin dari Blog Adat Tradisional.

Comments